TUGAS 6

Nama Kelompok : 1. Yudanti Astriati (2011 52 050)
2. Megawati (2011 52 062)

Nama : Yudanti Astriati

– Menyalin dari Buku
Judul Buku :MEDIA RELATION Konsep, Pendekatan dan Praktik
Penulis : Yosal Iriantara
Penerbit : Simbiosa Rekatama Media, 2005

PRAKTEK PR DAN MEDIA BARU
(hal.133-138)
Sekarang ini kita hidup dalam dunie e, sehingga orang berkirim surat melalui e-mail, berbelanja produk yang dipasarkan secara e-marketing dan dipromosikan melalui e-advertising ditoko on-line yang dibayar melalui e-banking.
Dunia e jadi media baru bagi komunikasi manusia. Karena itu, media baru tentunya juga sedikit banyak turut mengubah praktik PR. Bukan hanya karena ada media baru kita jadi mengenal e public relation (e-PR), namun e-PR itu menjadi bentuk baru praktik PR di era teknologi komunikasi dan informasi. Praktik e-PR itu menjadi membangun citra ditengah dunia yang disesaki dengan citra-citra, yang bahkan diyakini melebihi realitas yang dicitrakannya itu sendiri. Praktik e-PR bisa jadi akhirnya lebih banyak membangun citra untuk citra , bukan citra untuk realitas.
Media baru memang terkadang memberikan pekerjaan baru bagi PR satu organisasi. Media baru juga bisa membantu penyebaran informasi sebagai wujud kegiatan komunikasi satu organisasi. Berbagai organisasi sudah memanfaatkan internet misalnya untuk berkomunikasi dengan publik-publiknya . Dengan mencantumkan alamat e-mail organisasi itu, maka public pun makin mudah berkomunikasi dengan organisasi. Interaktivitas sebagai cirri media baru ini, memang akan mendorong berlangsungnya komunikasi dua arah antara organisasi dan publiknya secara lebih mudah dan murah.
Cyber-PR atau ada juga yang menyebutnya e-PR merupakan praktik PR yang banyak dilakukan berbagai organisasi saat ini. Tantangan dunia cyber jauh lebih berat. Karena informasi yang tampil di dunia ini jauh lebih sesak, bahkan saling berhimpitan satu sama lain. Informasi begitu mudah disebarkan, begitu mudah disimpan dan begitu mudah ditemubalikkan (retrieval). Namun, tantangan kreatifnya juga makin besar. Karena harus mampu menyuguhkan informasi secara menarik sehingga bisa menarik perhatian para pengunjung situs-situs internet untuk membacanya.
Hal tersebut menunjukkan, ada beberapa segi dari praktik PR yang mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan media baru. Bila meminjam ungkapan dari teori kompleksitas, bahwa penyebab kecil bisa melahirkan akibat yang besar, maka perubahan praktik PR itu, sekecil apapun, bisa saja melahirkan akibat besar pada dunia PR secara keseluruhan.

– Mengutip dari artikel majalah MarkBiz edisi 03,Maret 2013

SOCMED MARKETING
(hal. 24-25)
Kehadiran social media (socmed) seperti blog, Facebook, Twitter, YouTube yang murah (praktis gratis) menjadikan perusahaan mampu melakukan kegiatan promosi, customer service, riset dan pengembangan produk atau penjualan dengan sangat murah, tapi dengan hasil yang sangat efektif.
Iklan di media konvensional seperti TV atau media cetak nasional kian mahal. Namu dengan adanya blog, Facebook, atau Twitter kini kita mampu menjangkau media berbayar (TV, radio, Koran, dsb) dengan biaya praktis nol. Dengan menggunakan media social kini kita bisa menjalankan kampanye promosi, menservice pelanggan, atau meminta masukan-masukan dari pelanggan mengenai fitur produk yang mereka inginkan. Bisnis dengan memanfaatkan socmed, kuncinya adalah harus membangun komunitas konsumen dan harus dijaga dan dibina agar terbentuk friendship, yaitu dengan langkah-langkah :
1. Target konsumen, harus tahu siapa konsumen yang akan dibidik.
2. Common interests, setelah jelas siapa target konsumen, maka harus mengetahui apa minat bersama dan kebutuhan bersama dari komunitas konsumen.
3. Engagement, menyusun program-program community engagement. Program tersebut bisa dalam bentuk conversation melalui blog post, tweets, atau status updates mengenai beragam konten yang terkait dengan common interest mereka.

-Mengutip dari artikel majalah The Business Coach Volume II/tahun 2013

3 KIAT DIGITAL MARKETING MEMBUAT ANDA DIKEJAR-KEJAR CALON PELANGGAN
(hal.20-22)
Dalam dunia bisnis, strategi digital marketing mempunyai peranan sangat penting. Salah satu perannya adalah bagaimana mendapatkan perhatian dan ketertarikan dari calon pelanggan baru. Berikut 3 strategi digital marketing :
1. “Adwords”, Iklan Barisnya Mesin Pencari Raksasa Google
Dengan Adwords, google mengklaim, anda tidak perlu lagi mencari pelanggan, tetapi pelanggan akan mencari anda.
2. Manfaatkan Keajaiban “Tweet” and “Retweet”
Twitter kian mewabah dan menjangkiti dunia bisnis. Lewat tweet pelaku bisnis mampu menyentuh langsung konsumen secara personal. Berpromosi melalui twitter amat menguntungkan, tak perlu lagi anggaran gendut untuk beriklan di media mainstream atau memeras keringat demi menyebarkan brosur.
3. Bangun Ribuan Penggemar Lewat Facebook “Fan Page”
Fitur facebook yang bisa dimanfaatkan untuk personal branding dan bisnis adalah facebook pages layout baru akan menggunakan timeline facebook untuk halaman brand. Pages adalah tempat yang penting bagi perusahaan untuk membangun hubungan dengan orang-orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mitha's Blogs

just share for fun (^^,)

EviRatna

The best way to make your dreams come true is to wake up.

syahlanharris

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

FASHIONVELICIOUS

ALL ABOUT YOUR BEAUTY

KOS KOSAN SAKINAH

comfortable, safe, clean and always feel at home

Rumbel BLESSING

Melayani dengan hati

ramarafa

We Make Your Wedding Simple and Elegant....

tedfiles.wordpress.com

follow line id : tedfiles

%d bloggers like this: